Total Tayangan Laman

Selasa, 11 Januari 2011

Tugas Pembelajaran Kelas Rangkap

Pertanyaan :
Berikan penjelasan selengkap mungkin terhadap situasi-situasi berikut :
1. Yang sesuai dengan kondisi di daerah anda, kira-kira model PKR (pola pembelajaran) yang mana yang memungkinkan untuk di laksanakan
2. Media pembelajaran macam apa yang paling memungkinkan untuk di gunakan bila di kaitkan dengan kondisi sekolah anda
3. Kegiatan siswa yang bagaimana yang mungkin anda anggap pling sesuai bila melihat potensi (kemamapuan siswa) yang ada di kelas anda.
4. Proses pembelajaran yang seperti apa yang akan anda harapkan agar dapat memberikan hasil yang optimal
















Jawaban :
1. Sesuai dengan kondisi di daerah saya, Model Pembelajaran Kelas Rangkap yang tepat adalah pola pembelajaran pertama, dimana seorang guru menghadapi dua ruangan untuk dua tingkatan kelas yang berbeda. Ini karena jumlah siswa dalam satu kelas tidak sedikit, mencapai belasan siswa, bahkan ada yang sampai lebih dari 20 siswa. Sehingga jika diterapkan pada model atau pola yang ke dua atau ke tiga saya rasa guru akan lebih kesulitan. Karena guru mengajar dalam tiga kelas sekaligus dalam waktu yang bersamaan. Ini jelas membutuhkan kerja keras, kesabaran, dan kekreatifan yang ekstra.
Dalam pola pembelajaran ini guru menggunakan alat bantu atau media berupa audio, karena media ini di pandang cukup murah, mudah dan praktis. Di sisi lain media audio juga bisa mengatasi lemahnya budaya membaca. Biasanya anak-anak cenderung lebih cepat menangkap pelajaran dengan cara mendengarkan secara langsung. Anak juga merasa terhibur dan tidak bosan dalam proses belajar di kelas.


2. Dalam kondisi daerah saya media yang cocok digunakan yaitu media audio/ audio visual karena media ini memiliki komponen bahasa dan musik yang dapat di kombinasikan untuk menguatkan isi pesan yang berhubungan dengan materi yang disampaikan. Media ini merupakan bahan ajaran yang ekonomis, menyenagakan dan mudah di siapkan untuk di gunakan oleh siswa. Dengan menggunakan media audio/ audio visual siswa bisa lebih berkonsentrasi dalam menerima materi yang disampaikan oleh guru meskipun guru mengajar dua kelas sekaligus. Di samping itu media ini tidak hanya cocok dalam pesan aspek kognitif, namun juga sesuai untuk aspek afektif dan spikomotor. Di sisi lain, budaya membaca pada masyarakat kita termasuk para siswa masih lemah, masyarakat lebih dominan dengan budaya mendengarkan dan menonton.
3. Menurut saya kegiatan yang saya anggap sesuai bila melihat potensi (kemampuan siswa) adalah dengan melihat kegiatan siswa yang aktif, mandiri, kreatif, menyenangkan/mengasyikkan, dinamis, dan bertumpu pada siswa. Kegiatan-kegiatan yang bisa dilakukan seperti mendengar dan berbicara, melihat dan membaca, bahkan melakukan peragaan atau melakukan suatu aktifitas.


4. Proses pembelajaran yang mengacu pada PAIKEM, yaitu pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan sehingga siswa menjadi lebih semangat dalam kegiatan belajar yang dilakukannya. Adapun pembelajaran PAIKEM tersebut maksudnya:
a) Pembelajaran Aktif :
• Proses aktif membangun makna / pemahaman baik dari informasi maupun pengalaman peserta didik.
• Guru dituntut menciptakan suasana yang membangkitkan peserta didik terlibat aktif menemukan, mengolah, dan membentuk pengetahuan atau keterampilan baru.
b) Pembelajaran Inovatif :
• Proses pembelajaran yang memunculkan ide-ide baru (inovasi) positif yang lebih baik.
c) Pembelajaran Kreatif:
• Pembelajaran yang megembangkan kreatifitas peserta didik, potensi belajar; rasa ingin tahu / penasaran, penuh imajinasi
• Guru dituntut menciptakan kegiatan pembelajaran yang beragam yang mampu membangkitkan potensi belajar dan imajinasi.
d) Pembelajaran Efektif:
• Pembelajaran yang menjamin terpenuhinya tujuan pembelajaran dengan tercapainya kompetensi dasar (KD) setelah proses pembelajaran.
e) Pembelajaran Menyenangkan:
• Suasana pemebelajaran berlangsung menyenangkan akibat suasana kejiwaan peserta didik bebas dari beban / tekanan. Suasana ini merupakan reward yang akan menimbulkan keterlibatan peserta didik belajar secara aktif.
Hal-hal yang harus diperhatikan dalam pembelajaran PAIKEM antara lain :
1) Faktor Internal
a. Bakat, Kecerdasan (intelektual, emosional, dan spiritual)
b. Minat, motivasi, sikap
c. Latar belakang ekonomi, sosial budaya
2) Faktor Eksternal
a. Tujuan pembelajaran, Materi
b. Strategi, metode dan media pembelajaran
c. Pengorganisasian kelas, penguatan , iklim sosial dalam kelas
d. Waktu yg tersedia, sistem & teknik evaluasi
e. Sikap guru dan upaya menangani kesulitan belajar siswa

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar