Total Tayangan Halaman

Selasa, 11 Januari 2011

Laporan Layanan Anak Berkebutuhan Khusus

Tugas Akhir Semester
(untuk Memenuhi Tugas Akhir Matakuliah Pendidikan ABK)



Disusun oleh :

Sangga Pawiyat Diga Novensa
080210204019






PROGRAM STUDI S-1 PGSD ( R )
JURUSAN ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS JEMBER
2011







LAPORAN LAYANAN PENDIDIKAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS

A. IDENTITAS SISWA
1. Nama Siswa (inisial) : M R
2. Kelas : 1 (Satu)
3. Jenis Kelamin : Laki-laki
4. Tempat dan Tanggal Lahir : Jember, 06 April 2003
5. Agama : Islam
6. Anak ke : 2(dua) dari 2 bersaudara
7. Status Dalam Keluarga : Kandung
8. Alamat Siswa : Bagorejo - Gumukmas
9. Nama Orang Tua
a. Ayah ( inisial ) : SR
b. Ibu ( inisial ) : SM
10. Alamat Orang Tua : Bagorejo - Gumukmas
11. Pekerjaan orang Tua :
a. Ayah : Tani
b. Ibu : Tani


















B. TUJUAN PENGAMBILAN DATA
1. Untuk mengetahui gangguan dan kelemahan yang dialami oleh anak.
2. Untuk mengetahui penyebab dari gangguan atau kelemahan yang dialami oleh anak tersebut.
3. Untuk mengetahui kompetensi yang dimiliki anak saat ini
4. Untuk memberikan solusi – solusi penanganan terhadap gangguan atau kelemahan yang dialami anak sehingga prestasi belajar anak dapat meningkat.

C. TEKNIK PENGAMBILAN DATA
1. Observasi
• Objek yang diamati : M R
• Observer : Sangga Pawiyat Diga Novensa
• Tempat : Ruang kelas 1 MI Al Mujahidi Tembokrejo
• Alat Observasi : Tes kemampuan membaca
2. Wawancara
• Narasumber : Guru kelas 1 ( Niswati )
• Tempat : MI Al Mujahidi
• Alat wawancara :
1. Bagaimanakah tingkah laku MR dikelas ketika kegiatan belajar mengajar berlangsung?
2. Kemampuan apa saja yang dimiliki MR saat ini?
3. Apakah MR sudah mampu menyebutkan huruf alfabet dari A sampai Z?
4. Apakah MR sudah mampu membaca sebuah kata? Misalnya kata “AYAH”
5. Apakah MR sudah mampu membaca sebuah kalimat sederhana? Misalnya “Ayah sedang makan”
6. Apakah MR sudah mampu membaca sebuah teks pendek?
3. Assesment Kebutuhan Belajar
A. Kompetensi yang sudah dikuasai
• Siswa dapat membaca kata sederhana, misalnya “ayah, adik, kakak“
B. Kompetensi yang harus dikuasai
• Siswa dapat membaca kata, kalimat sederhana, dan teks sederhana

4. Alat Identifikasi ( Tabulasi dari skor tiap kelompok kelainan )
No Jenis Kelainan Skor diperoleh Nilai Standar Keterangan
1. Gangguan Penglihatan 0 4 Tidak Termasuk
2. Gangguan Pendengaran 2 6 Tidak Termasuk
3. Tunadaksa/ kelainan anggota tubuh/gerakan 0 5 Tidak Termasuk
4. Anak Berbakat/ memiliki kemampuan dan kecerdasan luar biasa 0 18 Tidak Termasuk
5. Tunagrahita 1 6 Tidak Termasuk
6. Anak Lamban Belajar 4 4 Termasuk
7. Anak yang mengalami kesulitan belajar spesifik
a. Disleksia 3 3 Termasuk
b. Disgrafia 2 4 Tidak Termasuk
c. Diskalkulia 0 4 Tidak Termasuk
8. Anak yang mengalami gangguan komunikasi 1 5 Tidak Termasuk
9. Tunalaras (anak yang mengalami gangguan emosi dan perilaku) 0 4 Tidak Termasuk
10. Gangguan Kesehatan dan Gizi 0 5 Tidak Termasuk

Berdasarkan data yang diperoleh dari Alat Identifikasi Anak Berkebutuhan Khusus A1 ABK, dapat disimpulkan bahwa MR mengalami hambatan-hambatan Lamban Belajar dan Disleksia.

D. HASIL
HASIL TABULASI ALAT IDENTIFIKASI ANAK ABK
Gejala yang diamati Skor Skor standar Karakteristik
Anak Lamban Belajar 4 4 a. Rata – rata prestasi belajar selalu rendah (kurang dari 6)
b. Dalam menyelesaikan tugas – tugas akademik sering terlambat dibandingkan teman-teman usianya
c. Daya tangkap terhadap pelajaran lambat
d. Pernah tidak naik kelas
Disleksia 3 3 a. Perkembangan kemampuan membaca terlambat
b. Kemampuan memahami isi bacaan rendah
c. Kalau membaca sering banyak kesalahan






Berikut ini adalah hasil pertemuan kasus ( case conference ) Anak Berkebutuhan Khusus.
Nama Sekolah : MI Al Mujahidi
Kelas : I ( satu )
No Nama Anak Uraian Kasus Saran Pemecahan
1 MR 1. Anak Lamban Belajar
2. Disleksia 1. Perlu adanya perhatian lebih baik dari guru maupun dari orang tua.
2. Perlu adanya jam tambahan.
3. Perlu banyak latihan untuk kompetensi membaca.
4. Perlu adanya latihan secara rutin.

Keterangan : Dilaporkan tanggal :
1. Tempat pertemuan : Ruang kelas 1 Guru Kelas
2. Tempat : MI Al Mujahidi
3. Peserta : 45 orang siswa
NISWATI





Program Pembelajaran Individual

Materi pelajaran : Bahasa Indonesia
Pokok bahasan : Membaca
Sub Pokok Bahasan : Membaca kalimat sederhana

I. Standar Kompetensi
Memahami teks pendek dengan membaca nyaring.
II. Kompetensi Dasar
Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat
III. Hasil Belajar
Siswa dapat membaca kalimat sederhana yang telah dirangkai dengan benar dan tepat
IV. Indikator
Siswa dapat membaca huruf dalam suku kata.
Siswa dapat memasangkan suku kata menjadi sebuah kata.
Siswa dapat membaca suku kata dan kata dengan lafal yang tepat.
Siswa dapat membaca nyaring kalimat sederhana dengan benar.
Siswa dapat membaca sebuah bacaan sederhana dengan nyaring dan lancar.
V. Tujuan Pembelajaran
Setelah melakukan pembelajaran diharapkah siswa dapat :
Membaca huruf dalam suku kata.
Memasangkan suku kata menjadi sebuah kata.
Membaca suku kata dan kata dengan lafal yang tepat.
Membaca nyaring kalimat sederhana dengan benar.
Membaca sebuah bacaan sederhana dengan nyaring dan lancar.

VI. Materi Pokok
Suku kata
Kata
Kalimat sederhana
Teks sederhana

VII. Skenario Pembelajaran
A. Kegiatan awal
 Guru mengucap salam dan mengajak siswa berdoa
 Guru melakukan apersepsi dengan mengajak siswa menyanyikan lagu “satu-satu sayang ibu” secara bersama – sama.
B. Kegiatan Inti
 Guru memberikan contoh huruf abjad mulai dari A sampai dengan Z.
 Guru membaca huruf abjad dan siswa menyimaknya.
 Siswa diminta untuk menyebutkan huruf abjad dari A sampai Z.
 Siswa diminta untuk menyebutkan huruf yang ditunjukkan oleh guru
 Guru menulis sebuah suku kata. Misalnya “ a - yah, i - bu, pa - pa, ma - ma“.
 Siswa diminta untuk memasangkan suku kata menjadi sebuah kata.
 Siswa diminta untuk membaca kata tersebut dengan didampingi oleh guru.
 Guru menyusun kata menjadi sebuah kalimat. Contoh “ ibu ani, meja kayu”.
 Siswa diminta untuk membaca kalimat tersebut dengan didampingi oleh guru.
 Kegiatan ini dilakukan terus menerus hingga siswa bisa lebih lancar dalam membaca.
 Siwa diminta untuk melakukan sendiri kegiatan tersebut
 Siswa diminta untuk membaca kalimat sederhana yang telah dicontohkan dengan didampingi oleh guru.
 Kegiatan ini dilakukan berulang – ulang sampai siswa memahaminya
 Siswa diminta untuk membaca bacaan tersebut dengan didampingi oleh guru.
 Kegiatan ini dilakukan berulang – ulang sampai siswa memahaminya dam siswa dapat membaca dengan lebih lancar.

C. Kegiatan akhir
 Pemberian tugas dirumah (PR)
 Salam penutup

VIII. Sumber dan Media
A. Sumber
 Buku paket Bahasa Indonesia

B. Media
 Contoh huruf alfabet
 Teks kalimat sederhana dan teks bacaan (terlampir)

C. Alat tes
Berikut ini adalah contoh kalimat sederhana yang digunakan oleh guru untuk mengetahui kemampuan MR dalam membaca kalimat.
“ Minum susu “
“ Itu ibu Budi “
“ Ayah sedang tidur di kamar “
“ Kakak membaca buku cerita untuk adik “

ALAT TEST
Bacalah teks dibawah ini dengan tepat
1. A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z

T I D U R
T I D U R
AYAH SEDANG TIDUR

2. I – T – U I – B – U B – U – D – I
I T U I B U B U D I

B – U – D – A – Y – A B – A – N – G – S – A
B U D A Y A B A N G S A


3. HUJAN SUDAH REDA

4. KAKAK SEDANG BELAJAR

5. BESOK HARI RABU



Contoh teks bacaan :

Bunga
Kau sangat indah
Harummu semerbak mewangi
Warnamu bermacam-macam
Merah, kuning, putih, biru
Sangat enak dipandang mata
Menghiasi setiap sudut halaman

Pergi ke kota
Pada hari minggu aku ikut ayah ke kota
Aku naik delman yang bagus dan duduk di muka
Aku duduk di samping pak kusir yang sedang bekerja
Mengendarai kuda supaya baik jalannya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar